Bisnis Kopi | Memulai Usaha Minuman | Kedai Kopi

Bisnis Kopi | Memulai Usaha Minuman | Kedai Kopi


Banyak orang yang merasa tidak bisa membayangkan apa jadinya jika tidak mengawali hari mereka dengan segelas kopi. Entah dengan membelinya di kedai kopi di jalan, atau mungkin kopi yang sudah disediakan dikantor mereka, atau mungkin di restoran atau bahkan dengan aktivitas santai diakhir pekan pagi mereka ketika membaca Koran atau menonton berita pagi. Bisnis kopi menjanjikan daya tarik dan keuntungan yang tidak sedikit baik untuk penikmat kopi maupun penyedia usaha tersebut. Berikut beberapa langkah yang mungkin bisa anda pertimbangkan.
·         Menjadi pengusaha kopi atau kedai kopi
·         Pastikan dan tentukan besarnya modal yang bisa anda siapkan untuk usaha anda. Sebagai contoh, anda bisa saja membeli sebuah kedai kopi yang sudah berjalan, atau mungkin bereinvestasi di waralaba kopi atau mungkin anda memulai usaha anda sendiri dari awal tentu itu membutuhkan modal yang berbeda dan sangat bergantung pada besarnya modal yang sudah anda siapkan sebelumnya. Anda mungkin juga harus mempertimbangkan modal anda jika anda belum yakin apakah usaha tersebut akan anda kelola sendiri atau menggunakan staff yang akan mengurus segalanya.
Artikel Lain Yang Banyak Dibaca
      
·         Pelajari industri ini terlebih dahulu sebelum anda memulai usaha ini. Mungkin menjadi barista di sebuah kedai kopi bisa menjadi piihan terbaik untuk anda mengawalinya, anda bisa belajar membuat minuman kopi yang berbeda beda, dan sekaligus anda bisa menilai apakah kepribadian anda sudah cukup untuk menghadapi setiap tantangan dari setiap pelanggan anda.
               
·          Kembangkan konsep bisnis anda agar dapat mendukung pembiayaan untuk pembelian setiap perlengkapan dan peralatan usaha, serta mengurus ijin usaha dan asuransi yang tepat, dan memastikan kerja sama anda berjalan dengan baik secara teknis dengan penyedia biji kopi yang anda butuhkan.
·           Anda bisa menghubungi bagian peminjaman kredit usaha mikro di bank yang mendukung usaha kecil. Pastikana anda mendapatkan pinjaman dengan bunga kecil yang dapat mendukung usaha anda.
·          Mengidentifikasi lokasi yang tepat untuk usaha anda.
   
·         Anda harus mempelajari dan memilih penyedia mesin penggiling kopi dan apakah mereka juga dapat mensuplai kebutuhan biji kopi anda sekaligus. Anda bisa menanyakan apakah mereka menyediakan sesi pelatihan untuk anda dan juga staff anda. 
·          Tawarkan sesuatu yang berbeda dari persaingan yang anda hadapi.

Link Sponsor
·         Kembangkan rencana pemasaran untuk memastikan bahwa smua orang mengetahui bahwa anda sudah membuka usaha tersebut, termasuk membuat iklan di media local, selebaran dan kartu nama professional anda.
·         Bekerja sama dengan bisnis disekitar anda. Anda bisa memulainya dengan memberikan diskon atau kupon tertentu untuk karyawan karyawan bisnis tersebut.

No comments:

Post a comment

Pages